أهلا و سهلا

Selamat Datang | Dua puluh tahun aku menyelami dunia, itu sangat membantuku dalam memahami apa yang Tuhanku inginkan dariku untuk kukerjakan (al-Syafi`i) | Sama-sama berbuat, hanya yang tanpa ilmu lebih banyak MERUSAK-nya daripada membangun-nya (Hasan Bashri)| Mohon masukan...

Sunday, January 12, 2014

Perjalanan Talaqqi dari Masa ke Masa

Betapa berharganya ilmu dalam kehidupan manusia. Lebih khusus seorang mukmin. Entah bagaimana menyembah Allah, memakmurkan bumi, dan menyucikan diri tanpa arahan ilmu? Bukan sembarang ilmu. Hanya ilmu yang merupakan buah dari pengamalan rukun ilmu yang lima: guru, murid, buku, metode, dan lingkungan ilmiah.

Al-Azhar selalu menjaga agar kelima rukun ilmu ini terpenuhi sehingga dapat menghasilkan manusia yang dapat membimbing manusia-manusia lain di muka bumi dalam melaksanakan tugasnya.

Talaqqi. Meskipun sejak lama tersistem menjadi sebuah universitas, talaqqi tidak dapat ditinggalkan begitu saja dalam pendidikan al-Azhar. Ada jargon "al-Azhar jâmi`an wa jâmi`atan" artinya "al-Azhar itu ya masjid (talaqqi)-nya, ya juga universitasnya".

Di bawah ini tulisan Syaikh Ali Jum`ah, mufti Mesir yang lalu sekaligus anggota dewan ulama senior al-Azhar, yang ikut pontang-panting menghidupkan talaqqi di al-Azhar, dalam menghidupkan manhaj al-Azhar. Tulisan tentang perjuangan para ulama al-Azhar dalam mewujudkan pola pendidikan agama yang ideal.

Memang, mereka yang membaca buku dan mengajar bisa jadi tak sekeren mereka yang tampil di atas panggung orasi atau di depan pasukan. Tapi itu di mata manusia. Di mata Allah? Sama! Silahkan telaah tafsir Surah al-Taubah ayat 120 dan 122. Sebagai kata kunci, Prof. Dr. Abdul Fattah Abdul Ghani  selama masa perkuliahan tamhidi I yang lalu menjelaskan bahwa awal kedua ayat ini sama-sama menggunakan lâm juhûd. Ada pula riwayat yang menjelaskan bahwa di hari kiamat nanti, tinta ulama akan ditimbang dengan darah syuhada dan yang lebih berat ternyata tinta ulama. (Hadis terakhir yang dicantumkan oleh al-Ajluni dalam Kasyfu'l Khafâ' wa Muzîlu'l Ilbas. Diriwayatkan oleh al-Syirazi dari Anas, Ibnu Abdi'l Barr dari Abu Darda' dan lain-lain. Menurut al-Munawi, sanad-sanadnya memang daif, namun saling menguatkan satu sama lain.)


Dengan beberapa penyesuaian dari penukil agar lebih manis dibaca. (Sejujurnya juga disesuaikan dengan kapasitas terjemah penukil) :P

Selamat menyelami!
------------------------------------------------------------------------------------

Selama berabad-abad, al-Azhar adalah menara ilmu yang diwariskan dari generasi ke genarasi selanjutnya. Ahmad Syauqi, si Raja Syair asal Mesir, sampai bersyair khusus tentang al-Azhar. Isinya memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada al-Azhar dan memotivasi para Azhari (orang-orang al-Azhar) untuk tetap menyebarkan ilmu yang didapat dari al-Azhar di berbagai belahan dunia. Talaqqi pun tidak ketinggalan disebut dalam bait syairnya. Syauqi mengatakan bahwa talaqqi-talaqqi tersebut seakan menghadirkan Imam al-Syafi`i, Imam Malik, Imam Abu Hanifah dan Imam Ahmad kembali ke zaman ini ditengah-tengah kita.

1. Tidak dapat dipungkiri bahwa al-Azhar selalu berkembang. Namun hal ini ternyata tidak dapat membendung pemikiran "merindukan kejayaan masa lalu" yang selalau menjangkiti para Azhari. Gejalanya, para Azhari akan selalu punya mimpi agar al-Azhar seindah dulu. Kembali kepada manhajnya yang terbukti berkualitas mencetak ulama berkualitas. Hal-hal semacam ini tidak baru muncul belakangan. Grand Syekh Hasan al-Athar punya perhatian khusus terhadap barat (dlam hal ini kolonialisme Perancis). Dialog antara peradaban timur dan barat tidak dapat dihindari (karena semua berada di satu bumi yang sama-pen).

Oleh karenanya, beliau menjadikan hal ini sebagai salah satu proyek peradaban al-Azhar, "Dialog antara tradisi keilmuan Islam (turats) dan realita zaman sekarang". Beliau juga mengirimkan muridnya, Rifa`at al-Thahthawi, ke Paris bersama dengan delegasi kiriman Muhammad Ali Pasha, pemimpin Mesir waktu itu. Al-Thahthawi mengemban misi khusus untuk merekam semua yang dilihat di Paris dengan tulisan. Mulai dari kuliner, fashion, budaya, sampai pemikiran. Kumpulan tulisan beliau diterbitkan dengan judul al-Ibrîz fî Mahâsini Bârîs.

2. Medio 60-an, lagi-lagi para Azhari terjangkit pemikiran "merindukan kejayaan masa lalu". Efeknya, lahirlah fakultas Islamic and Arabic Studies di Masjid al-Azhar. Mereka tetap mengkaji literatur klasik dengan metode talaqqi sampai selesainya pembangunan komplek tiga fakultas agama pada tahun 1936. Baru pada tahun 1980, fakultas Islamic and Arabic Studies ikut pindah ke kampus baru (di daerah Nasr City-pen) yang berdekatan dengan fakultas perdagangan. Akibatnya, Masjid al-Azhar kosong karena tidak ada talaqqi yang berjalan.

Grand Syekh Jadd al-Haq Ali Jadd al-Haq berpikir untuk menghidupkan kembali talaqqi di Masjid al-Azhar, idenya pun terealisasikan. Ditunjuklah Dr. Muhyiddin Shafi, dekan fakultas ushuluddin waktu itu sebagai direktur program talaqqi di Masjid al-Azhar. Terpilihlah beberapa ulama untuk menghidupkan kajian-kajian di sana. Talaqqi dimulai sebelum asar dan dibuka untuk umum. Kemudian terjadi renovasi Masjid al-Azhar yang tentunya mempengaruhi kelangsungan talaqqi. Renovasi baru selesai pada tahun 1997.

3. Saya (Dr. Ali Jum`ah-pen) meminta izin kepada Menteri Wakaf (seperti Menag di Indonesia-pen), Dr. Hamdi Zaqzuq untuk menghidupkan kembali iklim keilmuan ala al-Azhar seperti sebelumnya. Keluarlah izin berkhutbah di Masjid/Madrasah Sultan Hasan (yang gedhe/tingginya Mâ Syâ'a 4Wl) sekaligus izin mengajar di Masjid al-Azhar. Saya meminta agar pelajaran diadakan di Ruwaq al-Atrak (basecamp mahasiswa Turki di masa perkuliahan al-Azhar diadakan di masjid). Tidak tanggung-tanggung, talaqqi diadakan rutin enam hari seminggu dimulai sejak terbit matahari! Materinya pun bermacam-macam, ada hadis, kaidah fikih, usul fikih, tauhid, mantiq (ilmu logika), ilmu hadis, dan tafsir.

Untuk kajian hadis, saya membacakan Shahih al-Bukhari, kemudian dilanjutkan Shahih Muslim, kemudian Sunan Abu Daud, Sunan al-Tirmidzi, Muwaththa' Malik, sampai kepada setengah Sunan al-Nasa'i. Sedangkan materi kaidah fikih saya mengajarkan al-Asybah wa al-Nazha'ir karya Imam al-Suyuthi. Materi usul fikih ada Jam`u'l Jawami`, Tasynifu'l Masamih, Minhaju'l Ushul karya al-Baidhawi, dan al-Tamhid karya al-Isnawi selama beberapa kali. Saya juga mengajarkan kitab al-Sullam untuk materi mantiq. Sedangkan ilmu tauhid, ada al-Kharidah al-Bahiyyah dan Jauharat al-Tauhid sekaligus syarah keduanya. Saya juga mengajarkan tafsirnya al-Zamakhsyari. Untuk materi fikih, ada matan Abu Syuja`dan matan zubad Ibnu Ruslan. Kitab al-Hikam-nya Ibnu Atha'illah sebagai bagian ihsan pelengkap bangunan, diiringi Manazil al-Sa'irin karya al-Harawi dan ringkasan Ihya Ulumiddin part ibadah.

Semua ini berlangsung dari tahun 1998 sampai 2004!

4. Pada fase ini, banyak juga ulama al-Azhar yang ikut bergabung seperti Syekh Iwadhullah Hijazi, rektor al-Azhar di masa itu yang mengajar tauhid sebanyak dua kali. Jug Syekh Musthofa Imran yang mengajar mantiq selama beberapa kali dengan berbagai kitab. Syekh Muhammad Ahmad Sahlul ikut mengajar nahwu. Syekh Muhammad Thail, anggota Komite Bahasa Arab Mesir, mengajarkan beberapa hal dari masterpiece Ibnu Jinni, al-Khasha'ish. Ada juga Syekh Mukhtar al-Mahdi, ketua Jam`iyyah Syar`iyyah dan profesor nahwu di Universitas al-Azhar. Tidak ketinggalan Syekh Barakat Abdul Fatah Dwidar yang mengajar tauhid.

Pesertanya membludak! Lebih dari 200 mahasiswa/i dengan berbagai kebangsaan dan bidang studi masing-masing. Bahkan orang-orang non al-Azhar pun ikut bergabung (Penukil pernah bertemu calon dokter yang aktif talaqqi hadis, fikih, dan sebagainya. Ada juga Syekh Yusri, dokter bedah yang akhirnya menjadi pengisi talaqqi-pen). Program talaqqi itu sendiri terbuka bagi siapa saja yang ingin bergabung menuntut ilmu. Dalam program talaqqi, ada pembacaan kitab, ada pula sesi dialog yang didalamnya sering mendiskusikan antara materi dengan realita kekinian. Inilah keistimewaan manhaj Ahl al-Sunnah wa al-Jama`ah dalam memahami teks, realita, dan kaitan antara keduanya.

5. "Wah, bagus juga ini kalau bisa diadakan di tempat lain selain al-Azhar!" Insiatif dari Dr. Hasan al-Syafi`i, ulama al-Azhar yang juga menjabat sebagai wakil Daru'l Ulum Universitas Kairo dan rektor IIU-Pakistan di Islamabad. Hal ini diusulkan kepada rektor al-Azhar kala itu, Dr. Ahmad el-Tayyeb dan Menteri Wakaf Hamdi Zaqzuq. Keduanya menjawab, "Setuju!" Kementrian wakaf bahkan ikut menjadi sponsor program talaqqi dengan kucuran dananya. Meeskipun sudah menjadi rahasia umum bahwa para ulama yang mengajar murni karena dedikasi yang tinggi terhadap ilmu dan kesadaran akan wajibnya "Ballighû annî wa lau âyah."

Posisi sebagai rektor tidak menghalangi Dr. Ahmad el-Tayyeb untuk terjun langsung ke medan laga. Hal ini sangat menggembirakan mengingat kapasitas beliau yang tidak perlu dipertanyakan lagi dalam ilmu tauhid, fikih madzhab Maliki, ilmu logika dan riwayat.

Sang wakil rektor tidak mau ketinggalan, Dr. Muhammad Abdul Fadhil juga ikut mengajar. Dr. Hasan al-Syafi`i yang disebutkan di atas juga ikut mengajar, bahkan memahami setiap persoalan yang ada. Beliau juga kaya akan wawasan berbagai kebudayaan. Sedangkan hamba yang fakir ini (Dr. Ali Jum`ah-pen) mengajar usul fikih dengan kitab Lubb al-Ushul di Ruwaq al-Abbasi. Selain yang disebutkan di atas, banyak juga ulama lain yang ikut berkontribusi menghidupkan talaqqi.

6. Selain materi-materi di atas, ada juga materi qira'at, tajwid, nahwu, fikih, hukum waris, dan hadis. Diampu oleh para lulusan al-Azhar yang dulunya konsisten talaqqi sejak awal dibuka kembali. Jadilah mereka memiliki kapasitas untuk mengajarkan kembali apa yang dulu mereka pelajari dari para ulama besar.

7. Program ini tidak luput dari pengamatan ulama lain dari berbagai belahan dunia yang mengunjunginya. Banyak juga ulama dari berbagai madzhab sunni, bahkan syiah dan ibadhiyyah yang angkat surban (aslinya angkat topi, idiom untuk respek/salut-pen :P ) kepada program talaqqi di atas. Menurut mereka al-Azhar sudah kembali kepada metode yan bsia memberikan kemerdekaan bagi ilmu. Sehingga para pelajar asing dari negara-negara Arab maupun negara-negara Islam di Asia dan Afrika, termasuk pelajar dari Amerika dan London (Eropa-pen) bisa memahami manhaj yang moderat (al-Wasathiyyah), harta karun keilmuan Islam (turats), termasuk memahami gerakan anti kemapanan (teroris) dan sumbangsih negatifnya terhadap umat Islam. Akhirnya mereka pun dapat memahami jalan yanglurus dan terang. Sungguh benar sabda Rasulullah Saw. tentang sekelompok umat yang tetap berpegang teguh terhadap kebenaran sampai akhir masa nanti.

-Prof. Dr. Ali Jum`ah-

-----------------------------------------------------------------------------------

Mungkin sebagian pembaca akan menganggap bahwa tulisan ini hanyalah data pelaksanaan talaqqi di al-Azhar. Mari kita berpikir, banyak tanggung jawab yang diemban oleh para ulama besar mulai dari urusan akademis sampai keumatan. Tapi, mengapa mereka begitu bersemangat menghidupkan talaqqi yang hanya sekedar 'ngaji kitab'? Nampaknya mereka melihat sesuatu yang berharga dari talaqqi. Ada sebuah sumbangan peradaban nantinya, karena Islam adalah agama ilmu yang membutuhkan kelima rukunnya seperti yang tersebut diatas. Siapa yang ingin memakmurkan dunia, ilmulah bekalnya. Siapa yang ingin memakmurkan akhiratnya, ilmulah bekalnya. Begitu juga kaum muslimin yang tentu menginginkan keduanya.


No comments:

Post a Comment