أهلا و سهلا

Selamat Datang | Dua puluh tahun aku menyelami dunia, itu sangat membantuku dalam memahami apa yang Tuhanku inginkan dariku untuk kukerjakan (al-Syafi`i) | Sama-sama berbuat, hanya yang tanpa ilmu lebih banyak MERUSAK-nya daripada membangun-nya (Hasan Bashri)| Mohon masukan...

Wednesday, January 14, 2015

Piranti Ilmu (2) `Aqlun Râjih

Dalam sebuah bait, Imam Haramain al-Juwaini (478 M) berkata[1]:

أَخِيْ لَنْ تَنَالَ الْعِلْمَ إِلَّا بِسِتّةٍ # سَأُنْبِئْكَ عَنْ تَفْصِيْلهَا بِبَيَانِ[2]
ذَكَاءٌ وَ حِرْصٌ وَ اجْتِهَادٌ وَ بُلْغَةٌ # وَ إِرْشَادُ أُسْتَاذٍ وَ طُوْلُ زَمَانِ
“Wahai Saudaraku kamu tidak akan pernah mendapat ilmu kecuali dengan enam perkara # Akan saya sampaikan rinciannya kepadamu
(1)Kecerdasan,(2)Ambisi,(3)Usaha(4)Totalitas # (5)Bimbingan guru dan (6)Lamanya waktu.”

Kecerdasan adalah salah satu bekal utama seorang penuntut ilmu. Seorang slow learner akan kesulitan dalam mengikuti proses belajar. Kecerdasan letaknya di akal. Bukan sembarang akal, melainkan akal yang râjih. Ialah akal yang tenang. Sehingga selalu menjalankan fungisnya untuk berpikir mencari kebenaran. Manfaatnya, ia akan terhindar dari kesalahan. Selalu punya pertimbangan sebelum bertindak/berbicara.



Kata al-`Aqlu sendiri dalam bahasa Arab artinya al-Man`u (mencegah), akal-lah yang menjaga si empunya dari berbuat jelek.[3]

Ibrahim al-Baijuri[4] (1277 H) mengatakan bahwa ulama berbeda pendapat mengenai dimana letak akal. Ada yang mengatakan, akal ada di kepala. Sedangkan pendapat yang dianggap lebih sahih menyebutkan bahwa akal ada di dalam al-Qalb (hati) kemudian ia memiliki sambungan ke otak. Makanya ada sebuah perkataan berbunyi, “Akal ibarat pohon yang tumbuh dari dalam hati, cabang-cabangnya ada di kepala.”[5]

Usaha keras nampaknya bukan satu-satunya faktor kesuksesan mencapai target menuntut imu. Para ulama adalah orang-orang yang brilian. Amirul Mukminin fil Hadits Imam al-Bukhari (256 H) sudah terkenal akan kecerdasannya sejak muda. Sejak usia 11 tahun beliau sudah bisa menyampaikan koreksi terhadap gurunya dalam masalah periwayatan hadis.[6] Imam al-Bukhari juga bisa diajak diskusi soal nama-nama perawi sampai `ilal[7] hadits sambil berjalan-jalan santai. Itupun dilakukan seperti membaca Qul HuwalLâhu Ahad.[8] Kisah yang cukup masyhur tentang beliau adalah ketika diuji dengan pertanyaan mengenai 100 hadis yang diacak sanad dan matannya dan dibagikan kepada 10 orang untuk ditanyakan kepada Imam al-Bukhari. Ternyata Imam al-Bukhari mampu mengembalikan semua sanad ke matannya. Tidak hanya itu, sebelumnya beliau juga mampu mengulang hadis yang matan dan sanadnya diacak![9]

Syekh Ahmad Syakir[10] (1377 H) dalam kata pengantarnya terhadap Musnad Imam Ahmad bin Hanbal yang beliau teliti mengatakan bahwa karena penertiban hadis di Musnad Ahmad berdasarkan sahabat yang meriwayatkan, sulit untuk merujuk hadis ke sana. Orang dulu ketika ingin mengetahui apakah sebuah hadis ada di Musnad Ahmad kebanyakan hanya berdasar keterangan dari guru yang pernah menemukan hadis tersebut di Musnad. Kecuali beberapa orang yang hafal semua hadis di Musnad Ahmad. Setahu beliau ada tiga orang yang  hafal Musnad Ahmad di ujung lidahnya, “Ibnu Taimiyyah dan kedua muridnya, Ibnu Katsir dan Ibnu’l Qayyim.”[11]
Syekh Ahmad Muhammad Syakir
Sambil tersenyum, Prof. Dr. Ahmad Ma`bad Abdul Karim[12], bercerita, “Dulu waktu saya mengajar di Arab Saudi pernah menantang murid-murid saya, ada nggak yang hafal satu hadis saja dari Musnad Ahmad di ujung lidahnya hehe...”

Selain kekuatan hafalan yang terknela dimiliki orang Arab, ternyata ulama juga kuat dan cepat dalam menganalisa sekaligus memecahkan persoalan. Imam al-Sanusi (895 H) ketika membantah orang-orang yang mencukupkan belajar akidah sebatas taklid saja dengan alasan para sahabat juga tidak pernah belajar dengan teori-teori akidah yang rumit mengatakan bahwa mereka salah besar. Karena mereka menganggap bahwa kualitas akal kita sama dengan akal sahabat yang masih sangat murni dan jernih, berbeda dengan kita sehingga butuh teori-teori semacam itu untuk memahami akidah. Beliau memberikan contoh. Ada seorang wanita yang ditinggal mati suaminya mengadu kepada Imam Ali bin Abu Thalib RadhiyalLâhu `anhu wa Ardhâhu karena hanya mendapat bagian waris satu dirham padahal peninggalan suaminya 600 dirham.[13] Spontan Imam Ali menjawab bahwa suaminya pasti punya ahli waris ini dan itu. Perempuan itu menjawab iya. “Ya sudah memang itu jatah warisan buatmu, kamu tidak dizhalimi kok”.[14]

Bagaimana caranya menjaga akal? Atau bagaimana meningkatkan kecerdasan. Menjaga pola hidup adalah usaha realistis yang bisa dilakukan. Ibnu al-Jauzi (597 H) memberikan tips soal makanan yang dapat meningkatkan kemampuan akal seperti delima manis, susu, kismis, madu dan lain-lain.[15]

Sebenarnya ada yang lebih penting dari sekedar menjaga pola hidup. Sebuah bait syair yang dinisbatkan kepada Imam al-Syafi`i[16] (204 H) dapat menjelaskan semuanya:

شَكَوْتُ إِلَى وَكِيْعِ سُوْءَ حِفْظِي # فَأَرْشَدَنِيْ إِلى تَرْكِ المَعَاصِى
فَأَخْبَرَنِيْ فَإِنَّ العِلْمَ نُوْرٌ # فَنُوْرُ اللهِ لَا يُهْدَى للعَاصِى
Artinya:
Aku mengadu kepada Waki` (guruku) tentang buruknya hafalanku # Ia menasehatiku untuk meninggalkan maksiat
Ia pun mengabarkanku kalau ilmu itu cahaya # dan Cahaya Allah tidak akan diberikan kepada pelaku maksiat

Bergabung dalam sebuah lingkungan ilmiah dan mengikuti sistem belajar adalah kesimpulan cara terbaik menjaga akal dan meningkatkan kecerdasannya. Bangunan keilmuan Islam tidak meninggalkan hal-hal semacam ini. Dimulai dari mengajarkan adab menuntut ilmu sampai kepada sistem pembelajarannya. Ulama muta’akhirin dikenal mengembangkan sistem matan-syarah-hasyiyah yang sudah teruji. Dimulai dengan menghafal bait-bait matan pendek disiplin ilmu tertentu sampai tuntas. Setelah menguasai seluruh persoalan, baru beranjak ke kitab-kitab syarah. Pada level expert, baru masuk ke hasyiyah (catatan pinggir). Syekh Ahmad bin Abdurrahman al-Maqdi menyampaikan bahwa hasyiyah diperuntukkan bagi pelajar level expert.

Kelebihan lain dari bergabung dengan sebuah madrasah keilmuan adalah meminimalisir masuknya pemikiran-pemikiran yang menyimpang yang makin membabi buta di zaman ini. Karena madrasah keilmuan memiliki guru yang siap membimbing, murid yang siap dibentuk, literatur yang luas, manhaj yang kokoh serta lingkungan keilmuan yang mendukung.

Sebagai kalam akhir dari part ini, ada sebuah nasehat dari Prof. Dr. Ahmad Ma`bad dalam talaqqi kitab ilmu hadis Fathu’l Mughîts karya Imam al-Sakhawi (902 H), “Bagian tubuh manusia yang paling harus dijaga adalah akalnya, termasuk dijaga dari pemikiran penyimpang yang bertentangan dengan pemahaman para ulama”.


Syekh Ahmad Ma`bad Abdul Karim


[1] Lihat: Ahmad bin `Alawi al-Saqqaf, al-Fawâ’id al-Makkiyyah, Dâru’l Fârûq, Giza, Mesir, cet. I, 2011 M, hal. 101. Lihat rujukan asli (dengan perbedaan beberapa kalimat karena perbedaan naskah): Tajuddin al-Subki, al-Thabaqât al-Syâfi`iyyah al-Kubrâ, vo. V, ed. Abdul Fattah Mahmud Hilwa & Mahmud Muhammad Thanahi, Hajar li al-Thibâ`ah, Giza, Mesir, cet. II, 1413 H/1992 M, hal. 208
[2] Bait ini banyak yang menisbatkan kepada Imam Syafi`i (204 H), Dr. Usamah Sayyid al-Azhari, ulama hadis al-Azhar, dalam sebuah pembekalan di asrama al-Azhar yang mengingatkan hal tersebut dan menganjurkan untuk merujuk ke al-Thabaqât al-Syâfi`iyyah.
[3] Ahmad bin `Alawi al-Saqqaf. Op. Cit., hal. 84
[4] Ibrahim bin Muhammad bin Ahmad al-Syafi`i al-Azhari adalah Grand Syekh al-Azhar ke-19. Beliau sangat produktif menulis dalam berbagai disiplin ilmu.
[5] Ibrahim al-Baijuri, Hâsyiyah Fathi’l Qarîb, vol. I, Mathba`ah Mushthafa al-Bâbi al-Halabi wa Aulâduhu, Mesir, 1343 H, hal. 71
[6] Al-Khathib al-Baghdadi, Târîkh Madînat al-Salâm, ed. Basyar `Awwadh Ma`ruf, vol. II, Dâru’l Gharb al-Islâmi, Beirut. Lebanon, cet. I, 1422 H/2001 M, hal. 324
[7] Kecacatan tersembunyi dalam hadis yang hanya bisa dipahami oleh ulama hadis yang handal
[8] Muhyiddin al-Nawawi, Mâ Tamassu ilaihi Hâjatu’l Qâri li Shahîhi’l Bukhâri, ed. Ali Hasan Ali Abdul Hamid, Dâru’l Kutub al-`Ilmiyyah, Beirut, Libanon, t.t., hal. 27
[9] Al-Khathib al-Baghdadi, Op. Cit., hal. 340
[10] Ulama hadis al-Azhar, seorang filolog besar, salah satu karyanya adalah tahkik Musnad Imam Ahmad bin Hanbal (sampai 16 jilid).
[11] Ahmad bin Hanbal, al-Musnad, vol. I, ed. Ahmad Muhammad Syakir, Dâru’l Ma`ârif, Mesir, 1373 H/1954 M, hal. 4.
[12] Ulama hadis senior al-Azhar yang juga anggota dewan ulama senior. Banyak yang menyebut bahwa beliau adalah pakar hadis nomer satu yang hidup di bumi saat ini.
[13] Penulis belum menemukan rujukan asli dari kisah ini. Akhirnya penulis nukilkan dari Imam al-Sanusi. WalLâhu a`lam bi al-Shawâb.
[14] Abu Abdullah al-Sanusi, Syarh al-Sanûsiyyah al-Kubrâ, ed. Abdul Fattah Barakah, Dâru’l Bashâ’ir, Kairo, Mesir, cet. I, 1434 H/2013 M, hal. 52
[15] Ibnu al-Jauzi, al-Hats `alâ Hifzhi’l `Ilm, ed. Muhammad Shalih Ibrahim Farahat, Dâru’l Fârûq, Manshurah, Mesir, cet. I, 1431 H/2010 M, hal. 11
[16] Beliau diakui kekuatan hafalannya. Bahkan dikatakan bahwa ketika membaca buku beliau menutup sisi halaman yang lain karena beliau mampu menghafal dengan sekali lihat tulisan.

No comments:

Post a Comment